Pengalaman
Belanja Online di Adorable Projects.
Saya ingin berbagi pengalaman
saya dalam berbelanja online atau lebih sering kita dengar dengan online shop.
Pada tanggal 1 Maret 2017 saya pernah melihat-lihat online shop via instagram
lebih tepatnya di sebuah akun instagram Adorable Projects dimana yang saya
lihat dari foto-foto produk yang mereka post teruntuk barang-barang wanita,
seperti tas, sepatu, baju, hingga dompet wanita. Setelah saya tertarik pada
produk atau barang yang saya lihat-lihat lalu saya melihat ada kontak person
yang dapat saya hubungi sebagai admin dari Adorable Projects tersebut.
Pada hari yang sama setelah saya
melihat barang tersebut pada gambar akun instagram tersebut, saya langsung
menanyakan produk tersebut via chat line yang mereka cantumkan di akun insagram
mereka. Saat saya menanyakan produk yang saya inginkan ternyata admin dari
online shop tersebut memberitahu bahwa warna dari yang saya inginkan tidak
tersedia size untuk saya.
Awalnya saya tidak jadi untuk
memesan produk dari online shop tersebut, namun admin dari online shop tersebut
menawarkan saya produk terbaru yang mereka produksi dan ternyata ada produk
terbaru dari mereka yang menarik minat saya. Admin dari online shop tersebut
menanggapi customernya secara baik dan sabar. Akhirnya setelah saya sudah
memilih produk tersebut dan adminnya sudah memberitahu segala detail dari
produk yang akan saya order.
Dan saya pun akhirnya order
barang tersebut, lalu admin tersebut menanyakan kembali apakah saya fix untuk
mengorder barang tersebut. Setelah sudah ada kesepakatan orderan barang lalu
admin menginstruksikan customer untuk mengisi data yang mereka perlukan.
Setelah itu mereka memberi totalan harga barang tersebut dengan menyertakan
nomor rekening yang mereka miliki. Lalu admin memberitahu agar foto bukti
transferannya.
Setelah satu hari pemesanan,
admin memberitahu nomor resi. Dalam jangka waktu 2-3 hari barang yang saya
order datang dengan pengiriman via JNE Regular dengan pengiriman dari wilayah
Bandung. Setelah orderan datang saya memberitahukan kepada admin online shop
tersebut dan mereka pun menanyakan apakah ada keluhan atau meminta kritik saran
kita sebagai customer agar online shop mereka lebih maju lagi.
Analisis hak-hak konsumenpada
cerita tersebut:
1. Hak
Keamanan
Adorable
Projects, termasuk online shop yang memiliki reputasi baik dari customernya
karena banyak testimoni dari customer mereka dengan respon yang positif.
Sehingga membuat calon costumer tidak ragu serta percaya untuk berbelanja
secara online di Adorable Projects.
2. Hak
Informasi
Pada saat
pemesanan produk tersebut saya banyak bertanya tentang produk tersebut,
sehingga saya mengetahui detail barang yang saya order. Admin online shop
tersebut juga ramah dan sabar dalam menginformasikan produk tersebut. Sehingga
pertanyaan tentang produk yang saya order dapat terpenuhi dan memberikan
kepuasan kepada konsumennya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar